CONTOH ESSAY TENTANG PERGERAKAN MAHASISWA

CONTOH ESSAY TENTANG PERGERAKAN MAHASISWA

Penguasaan atas setiap tahapan itu merupakan syarat utama untuk menghasilkan tulisan yang baik. Pentingnya mempertimbangkan tingkat keabstrakan sebuah topik didasarkan pada kenyataan bahwa semakin abstrak sebuah topik, semakin sulit hal itu dijelaskan atau didukung. Awali dengan sebuah kutipan! Dengan demikian, setelah mempelajari Modul 1 ini, peserta mampu: Ruang lingkup topik sebuah esai tentu saja jauh lebih luas. Tahapan ini melibatkan aktivitas berpikir analitis dan kritis agar tujuan penulisan yang telah ditentukan selaras jenis informasi yang dihimpun. Membuat sebuah alinea pengantar yang efektif bukanlah hal yang mudah.

Yang penting adalah penulis berupaya mendukung gagasannya dengan cara menggambarkan kualitas salah satu gurunya, yang membuat sang guru menjadi salah satu tokoh istimewa. Sebagai contoh, ebuah kutipan dapat disisipkan ke dalam sebuah anekdot; sebuah pertanyaan retoris dapat mengawali sebuah sudut pengungkapan pandang yang tidak lazim. Dalam esai seperti ini, fakta, data, statistik, dan contoh-contoh nyata mendominasi penulisan. Di tingkat pendidikan tinggi, penulisan esai sering digunakan sebagai ujian saringan masuk, yang dikenal dengan sebutan admission essay. Teknik ini merupakan salah satu cara paling menarik untuk mengawali esai karena sifatnya yang dramatis. Bukunya yang berjudul Essay kemudian menjadi patokan bagi bentuk, panjang, kejelasan, dan ritme oleh esais-esais sesudahnya. Sedangkan judul berbentuk pertanyaan digunakan untuk menarik perhatian pembaca.

Dalam tulisan tertentu, latar belakang yang disajikan secara berjenjang ke arah klimaks dalam beberapa kalimat merupakan awal yang efektif. Sebagai bagian esai yang berfungsi mendiskusikan kalimat tesis, setiap alinea isi menyajikan bukti fakta, contoh, kutipan, argumen, atau parafrase sebagai detil pendukung. Esai ini bisa dibedakan ke dalam beberapa sub-tipe, sesuai dengan teknik penyajian data tentng digunakan.

Sedangkan penekanan gaya formal dan informal dalam definisi kedua menunjukkan esai sebagai tulisan yang fleksibel.

Y2 problem solving worksheet

Berbeda dengan sebuah artikel ilmiah yang diarahkan untuk menyampaikan fakta, sebuah esai memadukan fakta dengan imajinasi, pengetahuan dan perasaan untuk mengekspresikan opini. Ditinjau dari segi isi, ada yang menyatakan esai merupakan analisis, penafsiran, dan uraian tentang sastra, budaya, filsafat, ilmu; namun berbagai artikel juga menganalisis, menafsirkan, atau hanya menggambarkan sesuatu.

  DISSERTATION BINDING CLERKENWELL

contoh essay tentang pergerakan mahasiswa

Sebagai catatan tambahan, sebagian penulis menentukan judul begitu esai akan dipublikasikan. Esai proses menyajikan urutan tahap-tahap atau langkah-langkah yang bersifat kronologis berdasarkan waktu ; esai contoh ditulis dengan menghadirkan contoh-contoh; esai perbandingan menggunakan urutan kepentingan dari yang terpenting sampai yang tak penting, atau sebaliknya ; esai sebab-akibat bisa diarahkan untuk mengidentifikasi pergetakan sebab dan meramalkan akibat, atau sebaliknya, dimulai dengan akibat dan mencari sebabnya.

Sebuah esai persuasif tidak cukup hanya memaparkan fakta, data, dan statistik saja. Jika pembaca lebih menyukai nada provokatif, judul berbentuk pertanyaan mungkin lebih sesuai digunakan. Berdasarkan tujuan penulisan dan isinya, esai dapat dikelompokkan ke dalam lima tipe: Penggunaan teknik kombinasi ini dapat digunakan dengan tetap mengingat bahwa sebuah alinea pengantar harus sederhana, singkat, dan pergeraoan, sehingga benar-benar mengarahkan perhatian pembaca terhadap subjek yang akan dibahas.

Alinea yang digunakan untuk mengungkapkan bagian pendahuluan disebut alinea pengantar. Kebanyakan judul bertipe nominal yang digunakan untuk mengindikasikan tema esai. Target yang paling utama dalam menulis esai adalah menyelesaikan esai itu agar orang lain bisa membacanya. Meskipun sebuah esai dapat membahas beberapa topik, pembahasan dalam esai pada umumnya dibatasi pada satu topik saja. Pembatasan subjek sebuah esai harus mengikuti paling tidak dua pergeraka, yaitu mengumpulkan informasi yang diketahui tentang topik, menentukan aspek-aspek topik yang diperkirakan menarik bagi pembaca, dan memutuskan aspek-aspek mana saja yang akan diikutsertakan dalam esai.

Oleh karena itu, judul tidak selalu harus dibuat di awal penulisan, tetapi bisa juga pada tahap akhir mahasisww. Wiley-Blackwell De Montaigne, M. fssay

Modul 1: Hakikat Esai – English Education Department (Pendidikan Bahasa Inggris) UKI

Tahap penulisan awal drafting merupakan aktivitas menuangkan informasi yang telah dikumpulkan menjadi alinea-alinea penyusun tulisan sesuai dengan kerangka yang dibuat pada tahapan sebelumnya. Seseorang yang mahir menulis esai biasanya tidak menemukan kesulitan membuat artikel populer, tulisan ilmiah, atau laporan.

contoh essay tentang pergerakan mahasiswa

Agar konsep-konsep dalam modul ini dapat lebih mudah dipahami, berbagai penjelasan dipaparkan dengan mengacu pada berbagai esai sebagai contoh.

  COTTERELL SHEILA (2011) CRITICAL THINKING SKILLS 2ND EDITION PALGRAVE MACMILLAN

Sebagai contoh, ditinjau dari segi ukuran, ada yang menyatakan ukuran esai relatif pendek hingga dapat dibaca sekali duduk. Seringkali, jauh lebih mudah menentukan judul setelah isi esai selesai ditulis.

Sebagai contoh, ditinjau dari segi ukuran, ada yang menyatakan ukuran esai relatif pendek hingga dapat dibaca sekali duduk.

Sama dengan penulisan alinea diskusi, pembuatan alinea pengantar membutuhkan latihan-latihan agar dapat dikuasai dengan baik. Jika kalimat tesis yang menjadi landasan penulisan sudah dirumuskan, aktivitas selanjutnya adalah merinci topik-topik yang dikandung kalimat tesis tersebut dan mengorganisasikannya ke dalam sebuah kerangka karangan yang sistematis.

Namun perlu dicatat bahwa ketiga elemen ini merupakan unsur ideal. Ciri khas kedua adalah esai merupakan tulisan yang fleksibel dan adaptif.

Setiap alinea pengantar membutuhkan teknik tersendiri, sesuai dengan subjek yang dibahas dan metode pengembangan yang digunakan. Lihat contoh contoh berikut. Penulisan esai kemudian direvitalisasi oleh Sir Francis Bacon pada tahun an.

Modul 1: Hakikat Esai – English Education Department (Pendidikan Bahasa Inggris) UKI

Pergeraman Anda berhasil mengerjakan Kuis 1 dengan skor 80 atau lebih, Anda telah siap melakukan aktivitas ini, yang berfokus pada penentuan topik yang baik untuk ditulis dalam sebuah esai berdasarkan subyek yang disediakan.

Jika mereka lebih tertarik pada konten, gunakanlah judul nominal. Meskipun bebeda dilihat dari berbagai perspektif, kelima esai itu sama-sama menggunakan fakta dan pengalaman sebagai pendukung untuk membuat ide yang disampaikan meyakinkan dan dapat diterima pembaca.